Senin, 09 Agustus 2010

Rangkuman Kuliah ke 13 PTI Pascasarjana Teknologi Pembelajaran

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA STKIP GARUT
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi
Dosen : Dr.Hudiana Hernawan, MS
Tugas Kuliah ke- 13
Pokok Bahasan : Internet
Disusun oleh : LILIS ROHAYATI
NIM : 09864015 Kelas : D

INTERNET
Pengertian Internet :
1. Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
2. Secara Fisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi (Lani Sidharta, 1996)
3. Isi Internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap dan dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di internet

Sejarah Internet
Tahun 1969 – 1972
Awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) .Mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET
Diawali jaringan terpadu antara Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, diperkenalkan secara umum dan berkembang begitu pesat yang dipecah menjadi : MILNET untuk keperluan militer , ARPANET universitas-universitas . Gabungan kedua jaringan dikenal dengan DARPA INTERNET disederhanakan menjadi INTERNET.

Manfaat Internet :
Informasi dan Berita ,Bisnis,Gaya hidup, Ilmu, Hiburan, Transaksi, Sosial.
Cara Mengakses Internet :
Dial Up, Kable : ADSL, Wireless, Mobile, Hotspot.
Istilah-Istilah Penting :
Wifi (Wireless Fidelity) : Merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel
Hotspot : Jangkauan dari jaringan WiFi
ISP (Internet Service Provider) : Merupakan sebuah perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor, dan organisasi dapat memanfaatkan internet
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) : Yaitu komunikasi jaringan Internet dengan kecepatan tinggi, dimana sinyal yang masuk tidak sama dengan sinyal yang keluar (asimetris).
Modem (Modulation demodulation) : Alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya
Web Browser
Web Browser: Perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web atau untuk berselancar atau menjelajah di internet kemampuannya menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alamat di internet serta menuju halaman lain yang terkait yang disediakan oleh halaman tersebut , diantaranya : Mozilla FireFok ( www. Mozilla.com), Opera (www.opera.com), Internet Eksflorer (www.microsoft.com).


Web Site atau Situs :
1. Untuk mencari informasi di internet perlu diketahui alamat Website, yaitu:URL (Universal Resource Locator)
2. Tempat sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu badan yang dikumpulkan dan dikemas
Homepage:
istilah untuk menyebutkan halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses
Makna Alamat URL misalnya :
http://www.stkipgarut.ac.id/index.php yaitu :
 http : singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, adalah suatu protokol yang digunakan oleh World Wide Web
 www : world wide web
 stkipgarut : nama situs
 ac.id : ekstensi nama domain
 index.php : file atau dokumen
Prinsip Pengaksesan Alamat Situs Web
Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet : diberikan sebuah
nomor yang unik , berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan bahasa komunikasi yang sama, bahasa komunikasi yang sama ini disebut protokol

Domain Name
Domain name adalah penamaan halaman web di internet, digunakan untuk “search engine” tempat web seseorang , alamat rumah dari seseorang di dunia internet
Generic Domain :
1 .net untuk penyedia jaringan internet
2 .edu atau .ac untuk lembaga pendidikan
3 .gov atau .go untuk lembaga pemerintahan
4 .mil untuk kemiliteran
5 .org atau .or untuk organisasi nonkomersial
6 .com atau .co untuk komersial
Country Domain :
1 .sg untuk negara Singapura
2 .id untuk negara Indonesia
3 .uk untuk negara United Kingdom
4 .us untuk negara USA
5 .au untuk negara Australia
6 .jp untuk negara Jepang
File Transfer Protocol (FTP)
 FTP merupakan suatu protokol yang digunakan untuk melakukan transfer berkas
 Klien dapat mengirimkan berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP
 Proses untuk mengirimkan berkas milik klien ke server FTP dinamakan upload
 Proses untuk mengambil berkas dari server FTP dan menyalinnya di komputer klien dinamakan download

SEARCH ENGINE
Search Engine :
1. merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat di internet berdasarkan topik
2. Search engine adalah "mesin" atau "robot" yang menjelajahi Web untuk mencari webpages yang baru
3. Robot ini yang dibaca webpages dan menaruh teks (atau bagian bacaan) ke dalam suatu index atau database yang besar di mana anda boleh mengakses
4. Pemain utama dalam area ini adalah Google, Yahoo! Search (yang tidak sama dengan Yahoo! Directory), MSN Search and Ask
5. Search engine sebaiknya pilihan yang pertama anda ketika anda mengetahui secara pasti apa yang anda sedang cari
Saat ini Google mengindeks milyaran webpages dan sebagai search engine terbaik
Beberapa Cara Search Engine
1. Boolean Searching Operator (AND, AND NOT, OR)
2. NEAR Operator
3. Search Engine Math
Boolean Searching Operator (AND, AND NOT, OR)
o Anda meminta pizza dengan pepperoni dan ham, tetapi tanpa zaitun dan bawang putih, cara pemesanan anda menggunakan Operator Boolean:
pizza AND pepperoni AND ham AND NOT olives AND NOT garlic
o Suatu search engine akan menginterpretasikan ungkapan boolean ini dengan cara berikut:
“Carilah link ke semua pages yang meliputi kata pizza seperti halnya kata pepperoni dan kata ham, tetapi mengabaikan pages yang mengandung kata zaitun atau kata garlic.”
Operator AND berarti kata yang mengikuti harus ada dalam teks dari pages yang diharapkan. Pages yang mencakup kata yang mengikuti AND NOT tidak akan didaftarkan
NEAR Operator
Bagaimana jika anda sedang mencari suatu urutan dari kata-kata yang secara normal dihubungkan, tetapi itu mungkin dipisah dengan kata-kata yang lain? Jika anda sedang mencari informasi pada pencipta Thomas Alva Edison, anda mungkin bisa mencari-cari suatu ungkapan, seperti ini:
"Thomas Alva Edison“
Tetapi pencarian ini tidak akan memberikan halaman yang mengandung nama Thomas A. Edison atau Thomas Edison. Anda dapat memecahkan masalah ini dengan mengetikkan
“Thomas Alva Edison" OR "Thomas A. Edison" OR "Thomas Edison“
Atau anda dapat menggunakan operator pencarian NEAR, yang bermakna "tampilkan halaman-halaman dimana kata-kata ini dekat satu sama lain
Thomas NEAR Edison
Case Sensitivity
o Jika anda mengeja suatu kata atau suatu ungkapan dengan huruf kecil, mesin akan mencocokkan baik dalam huruf besar dan huruf kecil pada webpage
o Pencarian "apple computer" akan memberi anda page yang berisi kata apple computer, Apple Computer dan bahkan APPLE COMPUTER. Tetapi akan berbeda kalau anda melakukan sebuah pencarian "Bill Gates" akan memberikan anda Bill Gates tetapi bukan bill gates
o Seperti anda dapat lihat, ini bisa bermanfaat ketika anda sedang mencari nama orang. Dengan penggunaan huruf besar di dalam " Bill Gates", anda menghindari halaman yang mencakup kata bill (bermakna invoice) dan gates (bermakna pintu gerbang)
Search Engine Math
suatu cara yang lebih mudah, dengan penyederhanaan sintaksis pencarian, yang bersifat pseudo-Boolean
Perhatikan contoh berikut :
+pizza +pepperoni +ham -olives -garlic
tanda plus (+) harus ada dalam webpage
tanda minus (-) mengatakan abaikan
plus (+) = AND dan minus (-) = istilah AND NOT
kombinasi plus dan minus dengan tanda kutip, namun tidak bisa menggunakan tanda-kurung atau OR-OPERATOR
Berikut ini satu contoh: +"pan pizza" -olives pepperoni
Ini berarti bahwa pages yang ditampilkan search engine harus mengandung phrase pan pizza, mereka tidak boleh mengandung kata olives, dan mereka lebih disukai mengandung kata pepperoni
E-MAIL
o E-mail : electronic mail (surat elektronik)
o Cepat, murah, dan mudah
o Mengirim pesan dari satu komputer ke komputer lain di seluruh penjuru dunia, kapan saja, dan dari mana saja
o Pesan : tulisan, gambar, suara, dan video

Cara kerja e-mail
o Buat alamat e-mail di:
 Yahoo! (www.mail.yahoo.com)
 Hotmail (www.hotmail.com)
 Plasa (www.plasa.com)

Cara membuat alamat e-mail:
o Pendaftaran on-line:
o Pilih “e-mail provider” : yahoo!, gmail, hotmail, eudoramail, dan lain lain.
o Cari tombol “Sign up”
o Pilih nama user (contoh: pengantarteknologiinformasi)
o Pilih password (tips: yang mudah diingat, tapi jangan yang mudah ditebak orang lain)
o Isi formulir pendaftaran.
o Tekan “Submit” atau “I Agree”
Anatomi e-mail
• Header:
– To (kepada): alamat e-mail tujuan
– Cc (Carbon Copy): alamat e-mail tujuan
– Subject (judul): topik surat
• Body:
– Isi surat atau pesan
– Tanda tangan (signature)
Domain:
.com, .net, .org, .edu, .gov, .co.id, .net.id, .ac.id, .or.id, .sch.id ?
contoh: pengantarteknologiinformasi@yahoo.co.id
o pengantarteknologiinformasi : nama user
o @ : at (dalam bahasa Inggris)
o yahoo.co.id : nama server e-mail
Contoh Alamat E-mail
• com: perusahaan
• .net : ISP (internet service provider)
• .org : organisasi
• .edu : sekolah
• .gov : pemerintah
• .tv : statiun TV
Domain di Indonesia
• .co.id : perusahaan
• .net.id : ISP
• .or.id : organisasi
• .ac.id : universitas
• .sch.id : sekolah
• .go.id : pemerintahan
Jenis e-mail
Webmail :
 berbasis web
 dibaca secara on-line atau off-line
 dapat diakses di mana saja
Manajemen e-mail:
o Buat minimal 2 e-mail : pribadi dan resmi (dari sekolah atau kantor)
o Periksa e-mail 2 kali sekali sehari pada waktu luang
o Hapus e-mail lama yang sudah dibaca agar menghemat mailbox
o Pilih mailing list yang berguna untuk menghindari “spam”
o Pisahkan jenis e-mail kedalam folder khusus
Spamming dan cara menghindarinya
• Spam: e-mail tidak dikenal yang datang tanpa diundang
• Hindari mailing list tak berguna
• Jangan membalas surat tak dikenal
• Gunakan fasilitas “Block Address” untuk menolak e-mail tertentu
• Laporkan aktivitas spamming e-mail ke provider (yahoo!, google, dan lain-lain)
Peran E-mail di Dunia Kerja dan Pendidikan
• Media belajar online di universitas terbuka nasional dan internasional
• Media kreatifitas di dunia teknologi (lomba website, mengarang, games atau puzzle atau gambar, pengumpulan dana, dan sebagainya)
• Menghapus kesan negatif dalam internet
• Melamar pekerjaan
• Komunikasi dengan mitra bisnis
• Mencari peluang bisnis baru di dunia internasional (Go International)
• Jual beli (e-commerce)
• Riset
Peran E-mail di Dunia Pendidikan Internal (di sekolah)
o Proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
o Media informasi yang infocentris
o Media komunikasi mudah, hemat dan cepat antar departemen, kelas, angkatan, jabatan, fakultas, atau alumni
o Mempererat hubungan solidaritas persahabatan dan persaudaraan
Siap bersaing dengan dunia luar
Eksternal (dengan masyarakat luas)
o Popularitas
o Identitas komunitas atau sekolah
o Promosi meluas dalam jangkauan global
o Menjalin hubungan tanpa batas
o Bukti turut mendukung perkembangan TI di Indonesia (program Dikmenjur)
o Antisipasi ‘GapTek’, siap menghadapi AFTA 2003


MAILING LIST
Mailing List atau disingkat dengan Milis : adalah kelompok diskusi di mana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya
Secara sederhana Mailing List : adalah sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama
Milis dapat diartikan : sebagai daftar kelompok penerima surat elektronik, dalam Yahoo dan Google diistilahkan dengan group
Manfaat Milis
o Efisiensi dalam berkirim e-mail, seorang anggota cukup mengirimkan e-mail ke satu alamat e-mail (group), untuk kemudian disebarkan ke anggota milis
o Diskusi antar anggota dan sharing ide
o Sharing files
o Polling
o Komunitas dunia maya (virtual)
Beberapa Contoh Tujuan Milis
o Sarana persahabatan, misal: milis alumni, milis komunitas guru, dan lain-lain
o Sarana promosi
o Sarana diskusi dalam topik tertentu
o Sarana pelayanan pelanggan
Persiapan Membuat Milis
o Tujuan pembuatan milis ?
o Apa yg diharapkan dari milis ?
o Apa ukuran keberhasilan milis ?
o Siapa yg mengelola milis? (pemilik dan moderator)
o Siapa anggota milis ?
o Berapa lama grup akan ada ?
Beberapa Istilah dalam Milis
Subcribe: artinya seseorang menyatakan berlangganan e-mail dari grupnya
Unsubcribe: keluar atau berhenti dari keanggotaan milis.
Joined: artinya seseorang menyatakan bergabung menjadi anggota milis berdasarkan undangan (invited) dari moderator atau pemilik (owner) milis
Owner: orang yang membuat milis dan memiliki hak penuh terhadap milis yang dikelolanya
Moderator: orang yang mengatur aktifitas yang terjadi di dalam suatu kelompok diskusi terutama untuk membantu owner dalam menjalankan tugasnya
Tugas Owner dan Moderator
Owner dan Moderator
Untuk membedakan level anggota, owner di beri mahkota warna biru dan moderator diberi tanda mahkota warna kuning (Yahoo Group)
Tugas:
Menyetujui atau menolak anggota baru, Invite calon anggota, Menambah anggota,
Menghapus anggota, Menghapus milis
Persiapan Membuat milis
o Karena suatu group pimpinannya hanya satu, pastikan bahwa seseorang diantara groups saudara ditunjuk atau ditugasi sebagai moderator (atau pemilik)
o Calon moderator atau pemilik harus sudah memiliki Yahoo ID
o Calon pemilik (moderator) membuat milis di Yahoogroups
Penyedia Milis Gratis
• www.yahoogroups.com
• www.googlegroups.com
• www.topica.com
• www.groups.or.id
Membuat Milis (1)
• Klik browser, misal : Mozilla Firefox
• Ketikkan alamat : www.yahoogroups.com
• Klik : Start your group (jika sudah punya YahooID)
• Jika anda sudah sign in melalui yahoo!Mail
• Ketikkan alamat : www.yahoogroups.com
• Setelah Klik : start your group, anda cukup mengikuti 3 langkah yang diberikan Yahoo!Groups untuk membuat milis:
1. Memilih kategori milis yang akan dibuat
2. Mendeskripsikan milis anda
3. Memilih yahoo profile dan email address
• Selesai
Selamat anda sudah mempunyai milis ,selanjutnya tinggal mencari anggota milis
untuk diajak diskusi, klik : Start your group.
1. Memilih Kategori Milis
Klik pada pilihan kategori milis yang sesuai. Beberapa pilihan di antaranya Bussines, Finance, Education, Alumni, dan sebagainya
2. Mendeskripsikan Milis
Berikan uraian singkat mengenai aktivitas milis saudara, misalnya: mahasiswa, contoh deskripsinya : media komunikasi dan infomasi antara mahasiswa, selanjutnya anda juga diminta memberikan email adress dari groups milis saudara; misalnya diberi nama mahasiswapascasarjanastkipgarut; maka alamat milis saudara adalah : mahasiswapascasarjanastkipgarut @yahoogroups.com
3. Memilih Yahoo Profile
Jika anda memiliki beberapa email, maka dapat dipilih salah satu sebagai yahoo profile yang akan berguna menerima email dari milis. Secara default (jika anda tidak melakukan pemilihan) maka yang akan digunakan adalah email saudara yang dipakai saat sign in untuk membuat milis.Pemilik atau moderator dapat melakukan invite (undangan) kepada para calon anggota milis .Calon anggota yang mendapat undangan supaya bisa masuk anggota milis harus menjawab undangan tersebut dengan klik : joined melalui account email masing-masing .Sekarang para anggota dapat mulai berdiskusi melalui email dengan mengirimkan tema diskusi atau masalah dan jawaban atau ide atau opini cukup ke satu alamat : (nama_milis)@yahoogroups.com
CHATTING
Chatting (Berdiskusi Real Time) Internet Relay Chat (IRC)
adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi .
Program Chatting
Program Aplikasi:
o mIRC (www.mirc.co.uk)
o MSN Messenger (www.microsoft.com)
o Yahoo Messenger (www.yahoo.com)
o ICQ (baca : I Seek You) (www.icq.com)
o Dan lain-lain
SOCIAL NETWORKING
Web 2.0 Sebagai Jejaring Sosial
(Social Networking)
o Web sebagai platform berbagi dan berkolaborasi
o Isi Web dinamis: dikontrol oleh pengguna bukan pemilik Web
Jejaring Sosial (Social Networking)
Web sebagai jejaring sosial (Social networking) Adalah situs yang memusatkan layanan kepada pembentukan jaringan untuk bersosialisasi antar pengguna internet, terutama untuk berbagi kesukaan dan aktifitas melalui internet
Potensi Web 2.0 Sebagai Jejaring Sosial
Perluasan jejaring sosial melampaui kelompok-kelompok terdekat dimana kita bergabung
Potensi jejaring sosial ke seluruh dunia
Jejaring Sosial Web Sebagai Alat: Akses dan Distribusi Pengetahuan Runtuhnya tembok pemisah jejaring merupakan peluang berjejaring dengan mereka yang tak pernah dapat kita jangkau atau kenal secara: Geografis, Suku Bangsa, Budaya, Minat, Usia, Gender, dan sebagainya
Web 2.0
o Wikipedias
o Blogs
o RSS feeds
o Podcasts
o Instant messaging
o Mashups
Keuntungan Jejaring Sosial: Facebook
o Menjaga hubungan dengan teman lama
o Menemukan teman baru
o Membentuk jejaring sosial
o Bantuan dalam transisi (di Kampus)
o Eksplorasi pribadi
o Eksplorasi kelompok
o Kehadiran sosial
o Menumbuhkan interaksi kelompok
o Melampaui batas geografis
o Melampaui kepentingan dan institusi
o Relasi alumni
o Rekruitmen
o Ruang maya
o Rasa memiliki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar