Senin, 02 Agustus 2010

Rangkuman Kuliah ke 11 da 12

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA STKIP GARUT
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi
Dosen : Dr.Hudiana Hernawan, MS
Tugas Kuliah ke- 11 dan 12
Pokok Bahasan : Multimedia dan Internet 1
Disusun oleh : LILIS ROHAYATI
NIM : 09864015
Kelas : D

MULTIMEDIA
Multimedia
Dapat diartikan sebagai:
“ Penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.”
“Perpaduan harmonis antara berbagai media (teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai tujuan (pembelajaran)”
Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban et al, 2002)
2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
3. Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Sejarah Multimedia
1. Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia
2. Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan
Perkembangan Multimedia
Menurut Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
 Televisi : 13 tahun
 TV Kabel : 10 tahun
 Internet : 5 tahun
Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet
Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini
 Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
 Layanan multimedia online sedang mengalami booming
Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia mobile multimedia
Sistem Multimed
1. Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user
Multimedia PC
Speaker Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
 CD-ROM drive / DVD Drive
 Sound Card (untuk recording dan playback)
 Multimedia (Music/Movie) Player
 RAM dan HARD DISK yang mencukupi
 Graphics Adapter
 Speaker
Sistem Multimedia dibagi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan
Stand Alone Multimedia
Stand alone multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
Multimedia based on network
 Harus terhubung dengan jaringan
 Mampu melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi



Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
2. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Prinsip Pembelajaran
Manusia belajar dari :
 10 % Membaca Teks
 20 % Mendengar Audio
 30 % Melihat Grafis/foto
 50 % Melihat & Mendengar Video/Animasi
 80 % Berbicara
 80 % Berbicara dan melakukan Simulasi
Multimedia mampu:
1. Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor, contoh software yang mendukung teleworking atau telecommuting: Netmeeting
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping atau teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya
3. Mengubah cara bisnis. Banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca koran online
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio
MULTIMEDIA INTERAKTIF
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Pendidikan di Indonesia
• Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61),Thailand (76) dan Philipina (77).
• Hasil studi International Educational Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006)
Faktor Penyebab
 Guru, Siswa, Sarana dan Prasarana, Kurikulum, dan Komitmen Bersama
 Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif
 Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran
Media Pembelajaran
 Media : Medium = Perantara
 Media komunikasi: perantara penyampai pesan atau informasi
 Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
Kontribusi media dalam proses pembelajaran
 Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
 Pembelajaran dapat lebih menarik
 Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
 Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
 Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
 Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
 Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
 Peran guru berubahan kearah yang posistif
Peran media dalam pembelajaran
 Membuat kongkrit konsep yang abstrak
 Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
 Memberikan pengganti pengalaman langsung
 Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
 Memberikan pengalaman segi pengamatan
 Menyajikan perbedaan warna secara visual
 Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
Perkembangan Media
 CETAK generasi pertama
 RADIO/AUDIO generasi kedua
 TELEVISI/VIDEO generasi ketiga
 KOMPUTER/JARINGAN generasi keempat
Jenis-jenis media
 Media Cetak
 Media Radio/Audio
 Media Televisi/Video
 Komputer/Jaringan
Trend Pemanfaatan media
 Integrasi
Dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi
 Konfergensi
Penggabungan berbagai tipe media – teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi – kedalam satu buah media tertentu.
 Interaktif
Adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan response
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai:
suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).

MULTIMEDIA INTERAKTIF
Teks, Gambar, Grafik, Animasi, Audio, dan Video (audio visual)
Manfaat
 Meningkatkan motivasi belajar siswa
 Meningkatkan hasil belajar siswa
 Mereduksi miskonsepsi siswa
 Mengembangkan kompetensi guru
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Lee, Nicoll, dan Brooks (2005) dalam penelitiannya tentang ”Perbandingan Pembelajaran Berbasis Web secara Inkuiri dan Contoh Kerja dengan Menggunakan Physlets” menemukan bahwa:
siswa merasa tertolong dengan penggunaan model pembelajaran (multimedia interaktif) MMI jenis Physlets, dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret
Kartini (2006) bahwa model pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat:
meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP.
Hendrawan dan Yudhoatmojo (2001) dalam penelitiannya tentang ”Efektivitas dari Lingkungan Pembelajaran Maya Berbasis Web (Jaringan)” mengatakan bahwa:
lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi (model pembelajaran MMI) dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka
Eni Nuraeni (2006) dari penelitian yang dilakukannya menyimpulkan bahwa:
multimedia yang digunakan untuk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan taraf kepercayaan 95%
Model Multimedia Interaktif
 Model Drill
 Model Tutorial
 Model Simulasi
 Model Eksperimen (virtual lab)
 Model Games
Komputer untuk Pembelajaran : Multimedia Presentasi , CD Multimedia Interaktif , Video Pembelajaran
MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN
 Guru bisa mengadopsi
 Guru bisa mengembangkan
 Guru bisa membuat sendiri
 Guru bisa menerapkan di kelas
Contoh Mengadopsi dan mengembangkan
 Menggunakan internet
 Menggunakan cd pembelajaran
Menggunakan internet Menggunakan cd pembelajaran
 Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
 Memanfaatkan blog yang dikelola guru (pengajar)
 Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
 Menggunakan sarana jejaring sosial (facebook atau twitter)
 Menggunakan Learning Management System (LMS)
Harry B.Santoso (2009


BLOGGING
Apa Blog itu???
1. Website pribadi dalam format kronologis terbalik (yang terbaru diatas) yang di-update secara kontinyu oleh pemiliknya.
2. Secara teknis adalah teknologi aplikasi website yang memudahkan seseorang untuk menerbitkan materi, apakah itu berupa teks, grafik, audio maupun video ke Internet secara mudah, cepat dan murah, dengan fitur-fitur otomatis seperti pengarsipan dan fasilitas feedback yang berupa area untuk memberi komentar.
Definisi Blog
• Situs web yang berisi kumpulan tulisan yang disusun secara kronologis
• Ada format sindikasi seperti RSS atau ATOM
• Biasanya memiliki fasilitas komentar, trackback dan atau pingback
• Tulisannya dibuat dari sudut pandang penulisnya (blog bukanlah jurnalisme atau press release)
• Penulisan blog dibantu oleh CMS (content management system)
Sejarah Blog
• Blog adalah istilah ditemukan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut situs-situs yang berupa catatan harian seorang websurfer, dimana sang websurfer menuliskan catatan dan link setiap hari ke website yang dia temukan dan kunjungi disertai dengan komentar dan opini mereka tentang website lain tersebut
• Istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar–komentar mereka sendiri
Bermacam-macam Blog
• Blog Politik
http://pemilu2009.com
• Personal Blog
http://Liesrhyt-liesrhyt.blogspot.com
• Blog bertopik
http://beasiswaindonesia.blogspot.com
• Blog kesehatan
http://www.blogdokter.net,
• Blog Media
http://blog.tempointeraktif.com
• Blog Agama
http://blog.muslimblog.net
• Blog Organisasi
http://fti.bl.ac.id
Fungsi Blog
• Sebuah blog adalah situs web Anda yang mudah digunakan, dimana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi keuntungan lainnya.
• Pembelajaran : dijadikan media interaksi antara guru dan pakar (guru); antara guru dan siswa, antar siswa dan siswa.
Keuntungan Blog
• Mudah di buat
• Cocok untuk semua user
• Bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada tiap profesi
• Send of purpose; blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan
• Melatih berpikir, menyampaikan pendapat, pengalaman, dan menulis.
• Sarana edukasi dan pemberdayaan
• Saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis.
• Membentuk komunitas blogger
• Berdiskusi mengenai blog dan permasalahannya
• Media komunikasi baru di internet yang populer.
• Gratis
Blog tepat untuk
• Mengkampanyekan sebuah isu atau program
• Berita tentang sebuah event
• Berita tentang organisasi atau komunitas
• Blog dengan topik tertentu
• Personal Writing dan Collection

Yang perlu diperhatikan
• Perubahan paradigma tentang keterbukaan
• Perlindungan privasi atau data pribadi
• Mengancam, menipu, berbohong, memfitnah, menyebarkan kebencian
Teknologi Blog Di Masa Depan
Mobile blogging (Moblogging):
Memanfaatkan teknologi selular untuk menulis blog
Photoblogging:
Blog dalam format foto
Audioblogging:
Blog dalam format audio
Videoblogging:
Blog dalam format video
Podcasting:
Perpaduan antara teknologi sindikasi dan audio/videoblogging sebagai implementasi pengiriman konten dengan metoda pull
Mobile blogging (Moblogging):
Memanfaatkan teknologi selular untuk menulis blog
Photoblogging:
Blog dalam format foto
Audioblogging:
Blog dalam format audio
Videoblogging:
Blog dalam format video
Podcasting:
Perpaduan antara teknologi sindikasi dan audio/videoblogging sebagai implementasi pengiriman konten dengan metoda pull
Pengaruh Blog
• Serangan 11 September
• Invasi Amerika Serikat ke Irak
• Pemilihan Presiden Amerika Serikat
• Serangan teroris di Madrid dan London
• Kasus bom Kuningan
• Bencana Tsunami Sumatera
• Sengketa Indonesia dan Malaysia tentang Blok Ambalat
Dipecat Karena Menulis Blog?
• Heather Armstrong, konsultan web, Feb 2002
• Michael Hanscom, kontraktor Microsoft, Okt 2003
• Joyce Park, pemrogram Friendster, Agu 2004
• Peter Whitney, pegawai WellsFargo, Agu 2004
• Ellen Simonetti, pramugari Delta, Okt 2004
• Mark Jen, pemrogram Google, Jan 2005
• Joe Gordon, pegawai toko buku Waterstone's, Jan 2005
Mengapa Publik Menyukai Blog
• Interaktivitas (komentar, trackback, dan pingback)
• Sindikasi
• Sentuhan personal
• Informasi didapat langsung dari sumbernya
• Siapapun bisa membuat blog dengan isi apa saja tanpa harus melalui birokrasi yang berbelit-belit
• Fenomena blog berkembang dengan sangat cepat
• Suka atau tidak suka, penulisan blog tidak dapat dicegah
• Fenomena blog harus dapat dimanfaatkan demi kemajuan
• Efek-efek negatif yang mungkin dapat ditimbulkan oleh blog harus dapat ditekan
Membuat Blog
• Blog memungkinkan kita untuk mempublish berita di internet dengan mudah
• Bermodalkan ide dan satu klik saja “CREATE A NEW BLOG” sudah dapat mempublish ke internet dan memiliki blog dalam hitungan menit
• MemuMenyiapkan situs blog
– Menggunakan jasa pihak ketiga (gratis atau berbayar)
– Membuat atau menginstall sendiri
– Mengisi situs blog tersebut
• Berinteraksi dengan pembaca blog serta penulis blog lainnya
Apa yang di posting ?
• Laporan aktivitas saudara (blog à electronic diary) à melatih ketrampilan menulis
• Ide atau gagasan saudara tentang satu masalah yang sedang hangat di masyarakat à melatih ketrampilan menulis
• Komentar atau tanggapan terhadap tulisan orang lain
• Artikel atau tulisan ilmiah
• Bahkan hanya sekedar posting foto saudara juga boleh.
POSTING DOKUMEN
(doc, ppt, pdf, jpg, dan lain-lain)
• Beberapa dokumen mungkin sudah kita miliki, misalnya file dalam format doc (word), ppt (power point), jpg (gambar), video, atau audio.
• Wordpress menyediakan fasilitas untuk meng-upload dokumen kita tersebut sehingga dapat dinikmati pengguna internet dengan memberikan link-link khusus pada dokumen yang sudah kita upload tersebut.
Yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Blog
• Tulisan pada blog menjangkau seluruh dunia dan bisa dibaca oleh siapapun
• Yakinkan bahwa isi blog anda tidak menyinggung siapapun
• Isi blog tidak menyinggung unsur SARA
Unsur dari Sebuah Blog
Judul atau Nama Blog, Tempat posting tulisan atau berita, Menu atau kategori yang memuat link ke file dokumen kita atau web lain
Kesimpulan
• Blog adalah bagian dari media baru yang bersifat PERSONAL dan SOSIAL: SOCIAL MEDIA
• Blog memberi “kita”, siapa saja, kekuatan sebuah media
• Blog memungkinkan kita untuk memproduksi media personal yang dengan peminat dari audiens-audiens yang kecil
• Jadi terserah “KITA”,
• Besar kemungkinan ada teman, keluarga, orang lain di luar sana yang tertarik dengan apa yang ingin kita ucapkan di blog





















































































PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PROGRAM PASCASARJANA STKIP GARUT
Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi
Dosen : Dr.Hudiana Hernawan, MS
Tugas Kuliah ke- 11 dan 12
Pokok Bahasan : Multimedia dan Internet 1
Disusun oleh : LILIS ROHAYATI
NIM : 09864015
Kelas : D

MULTIMEDIA
Multimedia
Dapat diartikan sebagai:
“ Penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.”
“Perpaduan harmonis antara berbagai media (teks, gambar, grafik/diagram, audio, video, animasi) secara sinergis untuk mencapai tujuan (pembelajaran)”
Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban et al, 2002)
2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
3. Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Sejarah Multimedia
1. Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia
2. Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan
Perkembangan Multimedia
Menurut Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
 Televisi : 13 tahun
 TV Kabel : 10 tahun
 Internet : 5 tahun
Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet
Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini
 Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive
 Layanan multimedia online sedang mengalami booming
Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia mobile multimedia
Sistem Multimed
1. Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user
Multimedia PC
Speaker Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
 CD-ROM drive / DVD Drive
 Sound Card (untuk recording dan playback)
 Multimedia (Music/Movie) Player
 RAM dan HARD DISK yang mencukupi
 Graphics Adapter
 Speaker
Sistem Multimedia dibagi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan
Stand Alone Multimedia
Stand alone multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
Multimedia based on network
 Harus terhubung dengan jaringan
 Mampu melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi
Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
2. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
Prinsip Pembelajaran
Manusia belajar dari :
 10 % Membaca Teks
 20 % Mendengar Audio
 30 % Melihat Grafis/foto
 50 % Melihat & Mendengar Video/Animasi
 80 % Berbicara
 80 % Berbicara dan melakukan Simulasi
Multimedia mampu:
1. Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor, contoh software yang mendukung teleworking atau telecommuting: Netmeeting
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping atau teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya
3. Mengubah cara bisnis. Banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca koran online
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio
MULTIMEDIA INTERAKTIF
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Pendidikan di Indonesia
• Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61),Thailand (76) dan Philipina (77).
• Hasil studi International Educational Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006)
Faktor Penyebab
 Guru, Siswa, Sarana dan Prasarana, Kurikulum, dan Komitmen Bersama
 Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif
 Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran
Media Pembelajaran
 Media : Medium = Perantara
 Media komunikasi: perantara penyampai pesan atau informasi
 Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
Kontribusi media dalam proses pembelajaran
 Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
 Pembelajaran dapat lebih menarik
 Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
 Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
 Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
 Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
 Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
 Peran guru berubahan kearah yang posistif
Peran media dalam pembelajaran
 Membuat kongkrit konsep yang abstrak
 Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
 Memberikan pengganti pengalaman langsung
 Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
 Memberikan pengalaman segi pengamatan
 Menyajikan perbedaan warna secara visual
 Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
Perkembangan Media
 CETAK generasi pertama
 RADIO/AUDIO generasi kedua
 TELEVISI/VIDEO generasi ketiga
 KOMPUTER/JARINGAN generasi keempat
Jenis-jenis media
 Media Cetak
 Media Radio/Audio
 Media Televisi/Video
 Komputer/Jaringan
Trend Pemanfaatan media
 Integrasi
Dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi
 Konfergensi
Penggabungan berbagai tipe media – teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi – kedalam satu buah media tertentu.
 Interaktif
Adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan response
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai:
suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).

MULTIMEDIA INTERAKTIF
Teks, Gambar, Grafik, Animasi, Audio, dan Video (audio visual)
Manfaat
 Meningkatkan motivasi belajar siswa
 Meningkatkan hasil belajar siswa
 Mereduksi miskonsepsi siswa
 Mengembangkan kompetensi guru
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Lee, Nicoll, dan Brooks (2005) dalam penelitiannya tentang ”Perbandingan Pembelajaran Berbasis Web secara Inkuiri dan Contoh Kerja dengan Menggunakan Physlets” menemukan bahwa:
siswa merasa tertolong dengan penggunaan model pembelajaran (multimedia interaktif) MMI jenis Physlets, dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret
Kartini (2006) bahwa model pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat:
meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP.
Hendrawan dan Yudhoatmojo (2001) dalam penelitiannya tentang ”Efektivitas dari Lingkungan Pembelajaran Maya Berbasis Web (Jaringan)” mengatakan bahwa:
lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi (model pembelajaran MMI) dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka
Eni Nuraeni (2006) dari penelitian yang dilakukannya menyimpulkan bahwa:
multimedia yang digunakan untuk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan taraf kepercayaan 95%
Model Multimedia Interaktif
 Model Drill
 Model Tutorial
 Model Simulasi
 Model Eksperimen (virtual lab)
 Model Games
Komputer untuk Pembelajaran : Multimedia Presentasi , CD Multimedia Interaktif , Video Pembelajaran
MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN
 Guru bisa mengadopsi
 Guru bisa mengembangkan
 Guru bisa membuat sendiri
 Guru bisa menerapkan di kelas
Contoh Mengadopsi dan mengembangkan
 Menggunakan internet
 Menggunakan cd pembelajaran
Menggunakan internet Menggunakan cd pembelajaran
 Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
 Memanfaatkan blog yang dikelola guru (pengajar)
 Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
 Menggunakan sarana jejaring sosial (facebook atau twitter)
 Menggunakan Learning Management System (LMS)
Harry B.Santoso (2009


BLOGGING
Apa Blog itu???
1. Website pribadi dalam format kronologis terbalik (yang terbaru diatas) yang di-update secara kontinyu oleh pemiliknya.
2. Secara teknis adalah teknologi aplikasi website yang memudahkan seseorang untuk menerbitkan materi, apakah itu berupa teks, grafik, audio maupun video ke Internet secara mudah, cepat dan murah, dengan fitur-fitur otomatis seperti pengarsipan dan fasilitas feedback yang berupa area untuk memberi komentar.
Definisi Blog
• Situs web yang berisi kumpulan tulisan yang disusun secara kronologis
• Ada format sindikasi seperti RSS atau ATOM
• Biasanya memiliki fasilitas komentar, trackback dan atau pingback
• Tulisannya dibuat dari sudut pandang penulisnya (blog bukanlah jurnalisme atau press release)
• Penulisan blog dibantu oleh CMS (content management system)
Sejarah Blog
• Blog adalah istilah ditemukan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut situs-situs yang berupa catatan harian seorang websurfer, dimana sang websurfer menuliskan catatan dan link setiap hari ke website yang dia temukan dan kunjungi disertai dengan komentar dan opini mereka tentang website lain tersebut
• Istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar–komentar mereka sendiri
Bermacam-macam Blog
• Blog Politik
http://pemilu2009.com
• Personal Blog
http://Liesrhyt-liesrhyt.blogspot.com
• Blog bertopik
http://beasiswaindonesia.blogspot.com
• Blog kesehatan
http://www.blogdokter.net,
• Blog Media
http://blog.tempointeraktif.com
• Blog Agama
http://blog.muslimblog.net
• Blog Organisasi
http://fti.bl.ac.id
Fungsi Blog
• Sebuah blog adalah situs web Anda yang mudah digunakan, dimana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi keuntungan lainnya.
• Pembelajaran : dijadikan media interaksi antara guru dan pakar (guru); antara guru dan siswa, antar siswa dan siswa.
Keuntungan Blog
• Mudah di buat
• Cocok untuk semua user
• Bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pada tiap profesi
• Send of purpose; blog dibuat sesuai tujuan dan kebutuhan
• Melatih berpikir, menyampaikan pendapat, pengalaman, dan menulis.
• Sarana edukasi dan pemberdayaan
• Saling berbagi ekspresi dan informasi secara tertulis.
• Membentuk komunitas blogger
• Berdiskusi mengenai blog dan permasalahannya
• Media komunikasi baru di internet yang populer.
• Gratis
Blog tepat untuk
• Mengkampanyekan sebuah isu atau program
• Berita tentang sebuah event
• Berita tentang organisasi atau komunitas
• Blog dengan topik tertentu
• Personal Writing dan Collection

Yang perlu diperhatikan
• Perubahan paradigma tentang keterbukaan
• Perlindungan privasi atau data pribadi
• Mengancam, menipu, berbohong, memfitnah, menyebarkan kebencian
Teknologi Blog Di Masa Depan
Mobile blogging (Moblogging):
Memanfaatkan teknologi selular untuk menulis blog
Photoblogging:
Blog dalam format foto
Audioblogging:
Blog dalam format audio
Videoblogging:
Blog dalam format video
Podcasting:
Perpaduan antara teknologi sindikasi dan audio/videoblogging sebagai implementasi pengiriman konten dengan metoda pull
Mobile blogging (Moblogging):
Memanfaatkan teknologi selular untuk menulis blog
Photoblogging:
Blog dalam format foto
Audioblogging:
Blog dalam format audio
Videoblogging:
Blog dalam format video
Podcasting:
Perpaduan antara teknologi sindikasi dan audio/videoblogging sebagai implementasi pengiriman konten dengan metoda pull
Pengaruh Blog
• Serangan 11 September
• Invasi Amerika Serikat ke Irak
• Pemilihan Presiden Amerika Serikat
• Serangan teroris di Madrid dan London
• Kasus bom Kuningan
• Bencana Tsunami Sumatera
• Sengketa Indonesia dan Malaysia tentang Blok Ambalat
Dipecat Karena Menulis Blog?
• Heather Armstrong, konsultan web, Feb 2002
• Michael Hanscom, kontraktor Microsoft, Okt 2003
• Joyce Park, pemrogram Friendster, Agu 2004
• Peter Whitney, pegawai WellsFargo, Agu 2004
• Ellen Simonetti, pramugari Delta, Okt 2004
• Mark Jen, pemrogram Google, Jan 2005
• Joe Gordon, pegawai toko buku Waterstone's, Jan 2005
Mengapa Publik Menyukai Blog
• Interaktivitas (komentar, trackback, dan pingback)
• Sindikasi
• Sentuhan personal
• Informasi didapat langsung dari sumbernya
• Siapapun bisa membuat blog dengan isi apa saja tanpa harus melalui birokrasi yang berbelit-belit
• Fenomena blog berkembang dengan sangat cepat
• Suka atau tidak suka, penulisan blog tidak dapat dicegah
• Fenomena blog harus dapat dimanfaatkan demi kemajuan
• Efek-efek negatif yang mungkin dapat ditimbulkan oleh blog harus dapat ditekan
Membuat Blog
• Blog memungkinkan kita untuk mempublish berita di internet dengan mudah
• Bermodalkan ide dan satu klik saja “CREATE A NEW BLOG” sudah dapat mempublish ke internet dan memiliki blog dalam hitungan menit
• MemuMenyiapkan situs blog
– Menggunakan jasa pihak ketiga (gratis atau berbayar)
– Membuat atau menginstall sendiri
– Mengisi situs blog tersebut
• Berinteraksi dengan pembaca blog serta penulis blog lainnya
Apa yang di posting ?
• Laporan aktivitas saudara (blog à electronic diary) à melatih ketrampilan menulis
• Ide atau gagasan saudara tentang satu masalah yang sedang hangat di masyarakat à melatih ketrampilan menulis
• Komentar atau tanggapan terhadap tulisan orang lain
• Artikel atau tulisan ilmiah
• Bahkan hanya sekedar posting foto saudara juga boleh.
POSTING DOKUMEN
(doc, ppt, pdf, jpg, dan lain-lain)
• Beberapa dokumen mungkin sudah kita miliki, misalnya file dalam format doc (word), ppt (power point), jpg (gambar), video, atau audio.
• Wordpress menyediakan fasilitas untuk meng-upload dokumen kita tersebut sehingga dapat dinikmati pengguna internet dengan memberikan link-link khusus pada dokumen yang sudah kita upload tersebut.
Yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Blog
• Tulisan pada blog menjangkau seluruh dunia dan bisa dibaca oleh siapapun
• Yakinkan bahwa isi blog anda tidak menyinggung siapapun
• Isi blog tidak menyinggung unsur SARA
Unsur dari Sebuah Blog
Judul atau Nama Blog, Tempat posting tulisan atau berita, Menu atau kategori yang memuat link ke file dokumen kita atau web lain
Kesimpulan
• Blog adalah bagian dari media baru yang bersifat PERSONAL dan SOSIAL: SOCIAL MEDIA
• Blog memberi “kita”, siapa saja, kekuatan sebuah media
• Blog memungkinkan kita untuk memproduksi media personal yang dengan peminat dari audiens-audiens yang kecil
• Jadi terserah “KITA”,
• Besar kemungkinan ada teman, keluarga, orang lain di luar sana yang tertarik dengan apa yang ingin kita ucapkan di blog

































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar